Menumbuhkan Rasa Persatuan dan Kesatuan Melalui Kegiatan Outing Class

posted in: Kegiatan | 0

Jakarta, 16 Agustus 2018 – Bangsa Indonesia dikenal sebagai negara yang majemuk, ditandai dengan banyaknya suku, etnis, budaya, agama, adat istiadat di dalamnya. Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, istilah “Persatuan Indonesia” merupakan faktor kunci yaitu sebagai sumber motivasi, semangat dan penggerak perjuangan Indonesia. Hal tersebut juga tercantum pada Pembukaan UUD 1945 yang berbunyi: “Dan perjuangan pergerakan Indonesia tlah sampelah pada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa menghantarkan rakyat Indonesia kdepan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”.

Namun kenyataannya, masih ada masyarakat yang kurang memahami maksud yang terkandung di dalam Pancasila, tidak hanya anak-anak, namun juga orang dewasa. Padahal, sebagian besar orang dewasa seharusnya mereka sudah menerima pelajaran mengenai Pancasila sejak dini. Akibatnya, muncul penyimpangan-penyimpangan terhadap nilai-nilai Pancasila yang memicu perpecahan di Indonesia. Hal ini akan mengganggu perdamaian dan persatuan negara Indonesia.

Untuk menumbuhkan dan menjaga rasa persatuan dan kesatuan pada zaman sekarang, Homeschooling Primagama Jakarta Selatan mengadakan kegiatan outing class ke Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 dengan tujuan menjalin rasa kekeluargaan, persahabatan dan sikap saling tolong menolong antar sesama dan bersikap nasionalisme, menjalin rasa kemanusiaan memiliki sikap saling toleransi serta keharmonisan untuk hidup secara berdampingan serta menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi satu sama lain. Berikut foto-foto kegiatan outing class tersebut:

Sesi Foto Bersama dengan Siswa-Siswi serta Guru Homeschooling Primagama Jakarta Selatan
Kegiatan Lomba antara Guru dan Siswa HSPG Jakarta Selatan
Lomba Memindahkan Karet Gelang dengan Sedotan
Dibutuhkan Kerjasama Tim yang Baik agar dapat Memenangkan Perlombaan
Menyuapi Pisang dengan Mata Tertutup – dibutuhkan koordinasi yang baik dari teman satu tim

 

Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada 17 Agustus 1945 merupakan titik kulminasi dari perjuangan bangsa Indonesia, ini berarti bahwa sejarah perjuangan bangsa Indonesia telah mencapai puncaknya pada saat diproklamasikan. Puncak bukanlah akhir, oleh karena itu perjuangan belum selesai karena itu kita sebagai generasi muda harus tetap berjuang untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan di segala bidang kehidupan.